Senin, Juni 16, 2008

Lima hari di jogja... part.1

Hari Rabu minggu lalu, saya berangkat dari Ganesha ke Kiara Condong. Menumpang angkot Riung-Dago yang--Alhamdulillah--tiba2 lewat ganesha. Ke simpang dulu, terus lanjut sampe st. Kiara Condong.

Biarpun baru pertama naek kereta ekonomi sendiri, ternyata saya ga terlambat. Sampe stasiun jam setengah enam dan kreta PAsundan ke Surabaya baru bakal berangkat jam 6.15. Baru masuk stasiun, udah ada yang nawarin karcis (baca=calo). Indonesia...indonesia... Saya pun rela mengantri sekitar sepuluh menit semi selembar tiket Pasundan seharga 26000, tergolong sangat murah untuk transport ke Jogja.

Bis masuk peron, saya berniat nunggu kereta datang. Ternyata, keretanya mang udah ada dari tadi. Naik lah saya ke gerbong 3 kursi 11-A. Alhamdulillah Pasundan berangkat dari Kircon jadinya pas naek masih kosong banget. Dapet lah sebuah kursi kosong. Karena takut salah kereta, bertanyalah saya pada penumpang satu kursi. Dan alhamdulillah bener.

Bergerak lah sang Lokomotif dengan diawali priwitan panjang. di perjalanan, kereta jalan tanpa terhalang kemacetan. Itulah enaknya naek kereta. GA enaknya, kereta tuh sering berenti di stasiun2 yang dilewatin, ngangkut penumpang. Khusus buat ekonomi dan bisnis, pedagang2 dibolehin masuk ke gerbong. Walhasil, penuh lah tu gerbing sama tukang jual kopi-popmie, nasi-ayam yang harganya cuma 3 ribu!, penjual barang2 aneh, minuman, oleh2, pecel murah,
tukang sapu yang tanpa diminta nyapu tapi bis itu minta duit, tukang semprot pewangi yang ga diminta tiba2 nyemprot terus minta duit, dan banyak lagi lah.

Di sebelah saya, duduklah seorang mba2 yang dari tadi tidur. Sama satu orang mas2 yang mukanya kurang bersahabat (hehehe...). Tapi, di depan saya, duduk lah satu keluarga kecil, bapak, ibu, sama anak lakinya berusia sekitar 6taun, yang keliatannya bahagia. Si bapak sama ibu saking kompaknya pake polo yang sama. Si anak ga bisa duduk tenang. Pikiran saya sempet mengawang, ngebayangin si Bapak adalah saya, dan si ibu adalah istri saya nanti (hehehe..)

Yang unik dari sebuah kereta ekonomi di siang hari, khususnya dari bandung, pemandangan selama perjalanannya betul2 bagus! Bayangin, jalur kereta yang biasanya cuma bisa kia liat dari mobil sepanjang tol Cipularang, sekarang kia bisa jalan di atasnya. Tuh rel kadang2 harus melayang di atas sungai, ngebelah bukit, melintas sawah, ato betul2 di pinggir jurang. Tapi sekali lagi, bagus banget!

Yang ga enaknya jalan siang, kita ga bisa tidur meski pun udah dapet tempat. Soalnya, selain brisik, juga panas. Jadi lah 9 jam yang ngebosenin.

bersambung...

Tidak ada komentar: